by

Untung Rugi Gunakan Iklan Otomatis Adsense Mulai 27 Oktober 2019

Leantoro.com. Untung Rugi Gunakan Iklan Otomatis Adsense Mulai 27 Oktober 2019. Tampaknya Google Adsense terus mengupdate fitur-fitur di adsense terutama di bagian iklan otomatis.

Baru hari ini mencoba login ke Akun Adsense atau Adsense Account eh, ternyata ada notifikasi baru terkait perubahan fitur dari unit iklan adsense. Dan, kebijakan fitur ini bakal diterapkan secara otomatis mulai 27 Oktober 2019.

Perubahan Iklan Otomatis Baru Adsense

Berdasarkan informasi lebih lanjut yang penulis tangkap melalui notifikasi lumayan jelas, bahwa nantinya Iklan Otomatis akan berfungsi melalui kode iklan apa pun, artinya bahwa jika kita pasang code iklan berdasarkan unit iklan tertentu maka tayangan iklan bisa berbeda menyesuaikan dengan layout blog / template blog / theme blog.

Misal jika kita pasang kode iklan unit gambar 250×300 di bawah judul artikel postingan, maka bisa aja nanti hasil iklan yang muncul menjadi ukuran lain atau bahkan responsive menyesuaikan ruang dari layout blog itu sendiri, tanpa harus memasang kode iklan otomatis di halaman head pada blog.

Jadi mau dipasang kode iklan adsense dari berbagai unit iklan yang telah dibuat, maka hasilnya akan tetap random secara otomatis.

Keuntungan Iklan Otomatis

Nah, menurut saya, hal ini bisa menjadi keuntungan dari blogger, dan jika saya disuruh memilih, lebih baik saya hanya cukup pasang 1 kode iklan otomatis saja di halaman head tanpa perlu pasang kode iklan unit lainnya.

Hal ini tentu saja untuk meringankan loading blog supaya tidak selalu membaca kode script dari iklan adsense yang dipasang.

Kerugian Iklan Otomatis

Menurut saya, kerugiannya adalah kita jadi agak sulit menilai berapa besaran cpc unit iklan tersebut, karena hanya memasang 1 kode iklan otomatis. Demikian juga jika memasang kode unit iklan adsense sesuai ukuran yang diinginkan juga akan sulit medeteksi mana iklan yang memiliki nilai cpc adsense besar, mana kecil.

Mulai Penerapan Iklan Otomatis Baru 

Berdasarkan informasi dari google adsense, penerapan nya mulai tanggal 27 Oktober 2019. Setelah tanggal tersebut, google adsense secara otomatis akan mencocokkan setelan di kontrol iklan Otomatis yang baru.

Cara meninjau setelan baru

  1. Login ke akun AdSense.
  2. Pada kartu “Bersiaplah untuk perubahan menarik pada iklan Otomatis” di halaman beranda Anda, klik Tinjau.Kami memperbarui setelan iklan otomatis Anda saat ini dan mencocokkannya dengan iklan Otomatis baru.
  3. Lihat daftar situs yang tidak dapat kami cocokkan secara akurat dengan semua setelan iklan yang ada. Perhatikan bahwa mungkin tidak semua situs Anda akan ditampilkan di sini.
  4. Untuk setiap situs:
    1. Klik Tinjau. Pratinjau setelan iklan di situs Anda akan terbuka.
    2. Tinjau setelan iklan Otomatis untuk situs Anda.
    3. Klik Selesai.
  5. Klik Simpan dan terapkan setelan.Kami memperbarui setelan situs yang Anda tinjau.

Anda dapat menggunakan pengecualian halaman untuk menghentikan penayangan iklan Otomatis di halaman tertentu pada situs Anda. Misalnya, Anda mungkin tidak ingin menampilkan iklan di halaman beranda Anda. Jika Anda menambahkan pengecualian halaman, pengecualian tersebut akan menggantikan setelan iklan Otomatis untuk situs Anda.

URL yang tidak didukung

Pastikan Anda memasukkan URL yang valid saat menambahkan pengecualian halaman. Iklan Otomatis tidak mendukung URL yang berisi fragmen (misalnya, www.example.com/page#top) atau parameter (misalnya, www.example.com/page?q=target).

Menambahkan pengecualian halaman

  1. Login ke akun AdSense.
  2. Klik Iklan lalu Ringkasan.
  3. Di tabel yang berisi semua situs Anda, klik Edit Edit di sebelah situs.
  4. Di bagian “Pengecualian halaman”, klik Kelola.
  5. Jika sudah memiliki pengecualian halaman, klik +Tambahkan pengecualian.
  6. Masukkan URL halaman atau bagian yang ingin dikecualikan.
  7. Pilih salah satu:
    • Halaman ini saja – untuk mengecualikan iklan pada pencocokan URL yang tepat saja.atau
    • Semua halaman pada bagian ini – mengecualikan iklan di seluruh bagian situs Anda yang memiliki awalan URL yang sama. Misalnya, Anda memasukkan URL example.com/sports. Pada contoh ini, kami akan mengecualikan iklan Otomatis di example.com/sportswww.example.com/sports dan example.com/sports/team, tetapi tidak di subdomain.example.com/sports.
  8. Klik Tambahkan.
  9. Klik Terapkan ke situs.Butuh waktu hingga satu jam untuk menerapkan setelan baru pada URL yang Anda pilih.

Menghapus pengecualian halaman

  1. Login ke akun AdSense.
  2. Klik Iklan lalu Ringkasan.
  3. Di tabel yang berisi semua situs Anda, klik Edit di sebelah situs.
  4. Di bagian “Pengecualian halaman”, klik Kelola.
  5. Pada daftar pengecualian halaman, temukan pengecualian yang ingin Anda hapus.
  6. Klik Lainnya Lainnya lalu Hapus.
  7. Klik Terapkan ke situs.

    Butuh waktu hingga satu jam untuk menerapkan setelan baru pada URL yang Anda pilih.

Jadi ternyata Google Adsense juga masih memberi kelonggaran untuk kita apakah mau menggunakan update iklan otomatis untuk seluruh blog atau akan ada pengecualian. Tapi apapun semua yang diubah oleh Google Adsense. penulis hanya berharap bahwa dengan  perubahan ini nilai CPC blog Indonesia akan naik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

    1. kena invalid trafic lagi. entah lah bingung.. bisa kena nya gimana.. ini masih dilepas semua cuman pasang yang iklan otomatis aja

News Feed