Yuk Ketahui Manfaat Pohon Kelor dan Harga Bibit Pohon Kelor

Leantoro.com. Yuk Ketahui Manfaat Pohon Kelor dan Harga Bibit Pohon Kelor. Pohon kelor, mungkin tak asing ditelinga, karena sering mendengar istilah “dunia tak selebar daun kelor”

Apa itu Pohon Kelor

Namun belum tentu teman-teman pernah mendapati pohon berdaun kecil, yang bagi masyarakat Palu, biasa di buat sebagai sayur daun kelor dan orang barat menyebut dengan istilah “Miracle Tree” atau pohon ajaib.

Bahkan dalam dunia hitam, acap kali daun kelor digunakan sebagai alat untuk memusnakhan ilmu seseorang, (pastinya bukan ilmu pengetahuan ya)

Penting untuk diketahui bahwa ternyata seluruh bagian dari pohon kelor bisa dimakan loh guest, mulai dari akar daun, hingga kulit kayu juga bisa di makan.

Pohon kelor tumbuh dengan sangat cepat dan tahan kekeringan serta panas, hebatnya pohon kelor ternyata juga bisa untuk digunakan untuk menjernihkan air, ini adalah pohon yang memiliki kaya manfaat dan sumber yang sangat berharga di banyak tempat

Pohon Kelor adalah tanaman yang memiliki nama latin Moringa oleifera dan tergolong sebagai tanaman tahunan yang biasanya tumbuh liar

Pohon kelor juga merupakan salah satu tanaman yang paling gampang tumbuh, bahkan karena sangat mudah cukup di potong dahan, atau rantingnya pohon kelor bisa bertunas dan tumbuh.

Asal Pohon Kelor diduga dari kawasan barat pegunungan Himalaya dan India, yang menyebar hingga ke Benua Afrika dan Asia-Barat.

Pohon kelor bukan hanya bisa hidup di kawasan tropik yang lembab melainkan bisa juga hidup di daerah panas bercuaca kering dan belakang diketahui, bahwa pohon kelor hanya membutuhkan unsur hara untuk hidup.

Manfaat Pohon Kelor untuk kehidupan

Batang pohon kelor tampak mirip dengan batang pohon lainnya ada yang lurus, ada yang bengkok serta bercabang yang bisa dijadikan sebagai tanaman mrambat seperti sirih atau lada. Daun pohon kelor berukuran kecil, mirip daun katu.

Setiap bagian dari pohon kelor ternyata dapat dimanfaatkan untuk kehidupan, baik, daun, akar, dan kulit batang yang bisa digunakan sebagai bahan baku kertas, bahan baku kosmetik, untuk bahan minyak pelumas, bahan obat tradisional, dan juga digunakan sebagai sumber pangan.

Bunga dan daun kelor pun dapat dimasak, selain menyediakan nektar bagi lebah madu. Di masyarakat kita, daun, bunga, dan buah kelor muda biasanya dimasak sayur bobor atau sayur bening karena daun kelor memiliki kadar vitamin A dan C yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk metablisme tubuh.

Selain itu, daun kelor dikenal memiliki kandungan kalsium (Ca) dan zat besi (Fe) yang cukup tinggi, sumber fosfor yang baik dan buah mudanya berkadar air tinggi dan kandungan proteinnya tinggi.

Bahkan di negera India, buah kelor bisa dimasak menjadi kari dan diawetkan dalam kaleng untuk dijual di supermarket.

Biji buahnya yang tua dan kering menyimpan kadar minyak (lemak) nabati 25 – 40%. Komposisi asam lemaknya meliputi, asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam eiokosanoat, asam stearat, asam arakhidat dan lainnya.

Inilah beberapa manfaat pohon kelor sebagai obat

1. Daun kelor Untuk Mempercepat penyembuhan luka.

Daun kelor dicuci bersih lalu ditumbuk hingga halus dan dibalurkan pada luka. Ini karena kelor mengandung semacam zat antibiotik.

2. Daun Kelor untuk Penurun panas akibat demam.

Daun kelor ditumbuh lalu digunakan sebagai obat kompres.

3. Daun Kelor untuk Obat beri-beri dan bengkak.

Daun kelor dicampur bersama kulit akar pepaya, kemudian dihaluskan, digunakan seabgai obat luar (bobok).

4. Daun Kelor untuk Obat kulit

Daun kelor ditambah kapur sirih, bisa untuk penyakit kurap dan sejenisnya.

5. Air rebusan akar Pohon kelor

Selain ampuh untuk obat kulit, ternyata rebusan akar pohon kelor pun sangat ampuh untuk obat rematik, epilepsi, antiskorbut, diuretikum, hingga obat kencing nanah. Juga pengobatan malaria, mengurangi rasa sakit, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Manfaat Lain Daun kelor

Ternyata masih sangat banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan, sebagai penurun tekanan darah tinggi, diare, kencing manis, dan penyakit jantung, Sakit kepala dan rematik.

Cara membuat obat dari Pohon Kelor

Akar kelor secukupnya dicampur dengan air, kemudian ditumbuk hingga berbentuk pasa. Oleskan pada pelipis dan belakang telinga. Pada penderita rematik, oleskan pasta tersebut pada bagian yang terasa nyeri. Dibalurkan 3x sehari.

Kalangan masyarakat tertentu memanfaatkan daun kelor untuk mengobati mata ayam yang terluka sehabis bertarung karena satu-dua tetes getah kelor untuk mempercepat penyembuhan lukanya.

Bahkan, mata kambing yang belekan dan rabun pun bisa normal setelah ditetesi getah kelor yang berwarna kuning itu.

Biji Kelor Mampu Menjernihkan air

Biji kelor digunakan untuk menjernihkan air sungai keruh berlumpur di Sudan dan Peru. Biji kelor juga memiliki kemampuan antibakteri. Bahkan Jurusan Teknik Lingkungan ITB dan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman di Samarinda pun menggunakannya untuk menjernihkan air permukaan (sungai, danau, kolam).

Biji kelor juga dimanfaatkan sebagai bahan koagulan (bioflokulan) dalam proses pengolahan limbah cair pabrik tekstil, karena mengandung zat aktif rhamnosyloxy-benzilisothiocyanate, yang mampu mengabsorbsi dan menetralisir partikel-partikel lumpur serta logam dalam air limbah atau air keruh.

Sekalipun air keruh kecokelatan penuh partikel lumpur bisa menjadi jernih dan layak dikonsumsi berkat biji kelor.

Menangkal Ilmu Hitam

Di sebagian kalangan masyarakat di Jawa, tanaman kelor sering digunakan sebagai campuran air untuk memandikan jenazah. Ini dimaksudkan untuk membuang ajimat yang masih melekat pada jasadnya.

Manfaat lain dari tanaman kelor, masih menurut kepercayaan tertentu, bisa sebagai penangkal kekuatan magis, ilmu hitam atau guna-guna, serta ajimat kesaktian.

Caranya, cukup dengan mengibas-ibaskan setangkau daun kelor ke bagian muka korban. Atau air rendaman kelor disiramkan ke sekujur tubuhnya.

Konon, bersama bahan-bahan lain, seperti pala, bawang merah, bawang putih, dan lainnya, kelor bisa dibuat bedak pupuk untuk sarana mengobati orang kurang waras.

Termasuk orang yang kesurupan akan kembali “waras”. Tidak percaya? Boleh-boleh saja kok…

Jual Bibit Pohon Kelor dijamin murah

Nah, bagi anda yang ingin membeli bibit Kelor bisa menghubungi penulis di 082176261999 (Siap antar untuk wilayah Bandar Lampung, Natar, dan Metro tentu saja ada tambahan onkos kirim ya guest)

Harga Bibit Pohon Kelor tergantung besar kecilnya bibit kelor.

1. Bibit Pohon kelor polibag kecil harga mulai dari Rp.10.000
2. Bibit Pohon Kelor dari stek dahan/batang sedang dengan polibag besar harga mulai dari Rp. 70.000
3. Bibit Pohon Kelor dari bonggol pohon kelor tua / besar harga mulai dari Rp.250.000