Inilah 20 Kesalahan Blogger Saat Mulai Bikin Blog Hingga Monetise yang Wajib dihindari

Posted on 12,858 views

#3 Asal bikin artikel dan publish sebanyak-banyaknya tapi tidak berkualitas
Hem.. sudah moveon sekarang dari copas? oke.. mantab itu tapi.. lah dalah, opo iki artikel gak berbobot judul A isinya B, bahkan isinya juga sama sekali gak berkualitas pembahasan hanya di luarnya atau permukaannya padahal data yang penting malah gak di tulis artinya tidak mengusung konsep Yakni 5W + 1H yang sebenarnya merupakan senjata ampuh membuat artikel kita menarik, dalam, dan berkualitas.

Rumus macam apa itu, kawan :
W1 = What = apa yang akan kita tulis
W2 = Who = siapa tokoh yang menjadi tokoh utama di WHAT
W3 = When = waktu kejadian WHAT
W4 = Where = tempat kejadian WHAT
W5 = Why = mengapa terjadi WHAT
H = How = bagaimana WHAT terjadi, bagaimana prosesnya, lika-likunya, dan sejenisnya

#4. Topik Artikel terlalu umum dan banyak saingan
Nah, kalau yang ini saya juga belum bisa moveon tapi sudah mulai bergerak sedikit demi sediki. Yah, artikel yang umum memang dirasa paling banyak dicari namun apakah kita sebagai blogger pemula bisa bersaing dengan blogger kawakan, eh salah.. Blog kita masih unyu-unyu apakah bisa bersaing dengan blog yang emang sudah berkecimpung lama di dunia blogging?

Oleh sebab itu, saya akhirnya memilih fokus monetise dengan blog-bog microniche alias topik tertentu yang gak umum, misal seperti yang saya sebutkan saya memilih topik “Sinopsis Drama India” tapi yang saya titik beratkan saat ini “Sinopsis Chandra Nandini” yang sedang bagus di ANTV rating nya naik terus..

#5. Gak fokus ke satu Tema, bikin blog banyak dengan tema beragam
Nah, ini seh bagus dilakukan asalkan bisa fokus ke semuanya, namun untuk langkah awal sebaiknya fokuskan ke 1 blog dan 1 tema saja hingga sudah siap membuat blog baru lagi dengan tema lainnya. karena jika kebanyakan Tema atau topik niscaya akan mengalami kesulitan berujung pada hambar nya blog yang lain.

Baca Juga:  12 Cara Optimasi SEO Blog Terbukti Paling Ampuh untuk Pemula

#6. Menulis dengan gaya tulisan alay
Apakah ini tidak boleh, Mas? yah silahkan saja tapi yang jadi pertanyaan apakah tulisan alay itu bisa terbaca oleh Robot Search Engine?

contoh ” Hi Bray Loo kemarin kmn aja, sie? ane udah nungguin lama bingit di sini.. ! Gilee.. Cyynn.. Eike kemarin d4p4t duit dr Adsense loohhh..”

#7. Blogger Terlalu Memusingkan SEO
Saya akui SEO memang sangat penting, sebagai pondasi blog terutama SEO on Page, namun sebaiknya kita jangan terlalu fokus di SEO bahkan hingga membuang waktu berkutat dengan SEO yang hasilnya malah over SEO.

Saya tidak terlalu memusingkan urusan SEO ini, saya percayakan urusan SEO on Page dengan Theme yang saya instal untuk blog, demikian juga di SEO on Articles, saya hanya menggunakan LSI (Latent Semantic Indexing) sebagai persebaran keyword yang bisa didapat dengan mudah, dan yang paling penting apakah tulisan yang saya tulis bermanfaat dan dibutuhkan orang, hingga di-share ratusan kali, otomatis nangkring di peringkat pertama pencarian Google.

18 thoughts on “Inilah 20 Kesalahan Blogger Saat Mulai Bikin Blog Hingga Monetise yang Wajib dihindari

  1. Point pertama..
    sy hbiskan waktu hampir 1 tahun hanya untuk gonta ganti template.. udh nemu yang bagus.. eh.. ada yng lebih bagus lg… ujung2nya terabaikan jadwal posting..

  2. Betul mas, tapi mau gimana lg mas. Hampir semua setiap diminta masukan nadanya seperti diatas segalanya, sebaliknya saat diberi saran , malah *yah seperti itu lah*. Rindu blogger jaman dulu, yang selalu menomor wahidkan sebuah konten.

  3. Saya ngeblog sih karena memang nyaman di dunia maya ini. Sering blogwalking jg jadi punya teman2 baru yg seru2. Berkunjung balik ke blog mereka jd tambah pengetahuan. Kalau kontennya masih gado2 banget. Memang sengaja untuk yg blog hoby. Ngisinya jg klo mood emang lg berantakan ga bakal rampung,biasanya aku cari hal yg merefresh otak dulu baru mulai tulis lg. Klo blog khusus optimasi sih serius banget dan niche nya jelas. Tp postingan disini beberapa poinnya bikin saya angguk2 kepala 😀

  4. Poin 1 sering kambuh, sementara poin 8 belum bisa sembuh. Hehe
    1 artikel jadi 7 page, wow kereeeennn. Ini BW perdana saya di leantoro, dan kesan pertama langsung menggoda. Selanjutnya … langsung bookmark.

  5. wkwkw masih banyak kesalah ternyata ane Min, setelah baca artikel jadi nambah sedikit wawasan ade mengenai Blog. maklum min belajar sediri (Otodidak). bisa liat min blog ane #amburadul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *