Workshop Teknik Dasar Blog “Create – Write – Monetize” di Kota Metro Minggu 28 Januari 2018

Posted on 955 views

Apakah Tantangan Terbesar menjadi seorang Fulltime Blogger?
Menjadi fulltime blogger tidak mudah dan tidak seperti yang dibayangkan, jangan melihat kesuksesan seorang blogger saat ini, karena tentunya dibarengi dengan kerja keras dan proses yang panjang. Semua blogger pasti merasakan kadang di bawah kadang diatas.

Setidaknya ada 5 Tantangan menjadi Seorang blogger menurut saya lho, entah yang lain

1. Tantangan dari Sumber Daya Manusia itu sendiri

Meliputin etos kerja, kedisiplinan, ketekunan, pengetahuan teknik blog meliputi Seo on blog dan Seo on articles yang masih seadanya atau istilah jawa nya gratul-gratul yang penting ngeblog

Meskipun banyak tutorial betebaran di Internet namun tidak serta merta langsung jadi hebat penguasaan teknik ngeblognya karena harus ditunjang berlatih berlatih trial dan error, evaluasi teknik, cari teknik lainnya dan jika dirasa pas tekniknya harus terus dikembangkan. Jadi jangan pernah berpuas diri dengan teknik blog yang saat ini dimiliki.

2. Tantangan dari keluarga

Siapa bilang ngeblog dirumah banyak enaknya tentu saja banyak enak dan gak enaknya, apalagi dirumah bayangkan saja jika masih ngejer dedline eh harus bantu ngepel lantai rumah… eh anak nangis, eh anak minta diantar ke warung, belum lagi kalo Istri itu lagi… (mmmm ngomong gak ya, ah tahulah ya) sisi sensitifnya keluar waduhhh ngomong dikit salah, begini salah, begitu salah.. ngeblognya … ditinggallah.

3. Tantangan dari Sarana dan Prasarana

Bagi blogger yang masih mau mulai tentu akan sangat berat untuk membeli peralatan ngeblog minimal yah Laptop, kuota internet, modem meski bisa melalui tethring smartphone, kurang stabilnya koneksi internet sampai pada Listrik yang byar pet juga menjadi tantangan untuk blogger agar terus berjuang

4. Tantangan dari performa blog itu sendiri dan persaingan di Page one.

Tantangan inilah yang sering menjadi cambuk seorang blogger untuk menjadi yang teratas di halaman pencarian “Bagaimana caranya supaya blog kita itu bisa dikunjungi oleh banyak visitor”

Tentu saja selain artikel yang bermanfaat banyak faktor yang mempengaruhi performa sebuah blog, mulai dari Seo on Page, Seo of Page, Template atau Themes, kinerja server, belum juga adanya tingkat persaingan yang tinggi, sementara kita tidak tahu apakah artikel kita akan berada di page one atau tidak semua semua itu tidak bisa ditebak, blogger hanya bisa berusaha memberikan performa blog nya dengan baik.

5. Tantangan dari Algoritma Google yang terus berkembang menjadi lebih manusiawi

Nah, ini juga sering gak disadari para blogger, ah yang penting bikin artikel lalu publish tapi ternyata algoritma google sudah berubah dan saat ini menjadi lebih manusiawi, maka blogger yang masih mengedepankan Seo zaman Old yang lebih mementingkan artikel terbaca bagus di mesin pencari, bakal terjun bebas.

Jadilah Blogger yang selalu update perkembangan Algoritma Google. Hal tersebut terjadi kisaran tahun 2008 perubahan algoritma google berhasil menjungkirbalikan blog dan pengaruhnya hingga banned massal untuk Publisher Google Adsense.

Apakah menjadi Full Time Blogger dan bekerja di rumah itu enak?

Menjadi Fulltime Blogger tentu ada enak dan nggaknya, mulai dari bisa sering berkumpul dengan keluarga, tidak terikat dengan waktu alias memiliki waktu yang fleksibel kapan harus ngeblog kapan harus santai di rumah, kapan harus jalan-jalan dengan keluarga

Nah, menurut saya hal yang paling enak ketika Ngeblog adalah

1. Ngeblog itu bisa kapan saja dan dimana saja karena flexibel – terkecuali di waktu-waktu tertentu harus mengejar deadline jika mendapatkan project membuat web perusahaan, sekolah, instansi, perorangan, bahkan untuk Parpol atau paslon baik bupati, gubernur dan walikota
2. Ngeblog itu bisa sambil ngobrol dan mainan dengan anak dan istri
3. Ngeblog itu bebas bisa menggunakan teknik apa aja, bisa menggunakan platform apa saja, gak ada aturan kecuali dari Tos Google Adsense dan aturan main Google Search.
4. Yang pasti enak bisa ngeblog walau cuman make kolor, atau celana pendek, sandal jepit, gak mandi juga gak ada yang marah paling istri yang bawel.

Nah tapi ada yang paling gak enak saat ngeblog adalah Listrik PLN mati atau koneksti internet yang down, gak bisa ngeblog dech, mau make HP gak kuat jarinya ngetik di layar smartphone, dan suasana rumah yang kadang bikin bosen, jadi sangat penting ngeblog dilain tempat untuk menghindari kebosanan.

So, masih pengen jadi Full Time Blogger? hayooo komentar yang pengen…hehee.

14 thoughts on “Workshop Teknik Dasar Blog “Create – Write – Monetize” di Kota Metro Minggu 28 Januari 2018

  1. Keren..ternyata dunia blogging di Lampung semarak ya.sepertinya saya termasuk blogger jaman mbiyen nih 😁😁 kurang update kalau masalah SEO.btw thanks banget nih krn dengan sering membaca artikel2 di web ini jadi nambah lagi masuka vitamin dunia blogging yg selalu berubah,berkembang terus.

    1. hehehe ada teknik jaman old yang masih bisa di pakai dan efektif yaitu BW alias Blog Walking ehehhe, teknik pengulangan keyword mungkin masih bisa tapi mungkin yang jarang diminati atau dikit persaingan, tapi hal tersebut tetap harus berhati-hati jangan sampai kena libas mbah google

  2. Woww makin gak sabar sy dengan acara hari minggu besok xixixi. Walaupun awalnya masuk waiting list, alhamdulillah ternyata masih rejeki ikut workshop blogging di metro. Sempat diterpa gosip mutasi kerja suami pulak! Hahaha. Semoga besok bisa nimba ilmu banyak2 disana *excited*

  3. Termotivasi dan tercerahkan,, mulai menata tujuan ngeblog kedepannya. selama ini baru mengenal blog, setahun kedepan mulai belajar ngeblog sambil berupaya untuk konsisten. dan tahun berikutnya harus benar benar dioptimalkan ngeblognya.. ini rencana ku di dunia perblogan. terimakasih kang lean.. sharenya sangat mencerahkan bagi saya yang baru ingin terjun ke dunia blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *